Puasa dan Lebaran di Salatiga

Ramadhan yg berbeda selama 25 tahun aku hidup (umur 1-5aku ga inget sih Ramadhanku gimana). Menjalankan ibadah Ramadhan di kota milik orang lain. Sendirian. Tapi ga masalah, masih di bumi yg sama. Beda lah atmosfernya. Aku cari / bikin untuk bukaan dan sahur sendiri. Kadang kalau nyari, suka bingung juga. Di Salatiga orang yg jual bukaan nggak sebanyak di Jogja. Tidak sesemarak di jalanan kota Jogja. Di setiap selisih hitungan meter ada yg jualan. Tapi gapapa, masih ada yg bisa dibeli. Kalau pasar sih uda pasti ramai. Buka sampai mau maghrib.
Mari kuceritakan tentang sholat tarawihnya. Di Salatiga aku cobain beberapa masjid. Kebiasaannya emang beda juga dengan masjid-masjid di Jogja. Masjid di Salatiga itu ceramahnya setelah sholat tarawih-sebelum witir. Kalau di masjid RS sih ga ada ceramah..jam 19.30 udah kelar.. hihihi. Pernah sih sholat di masjid agung Salatiga, bacaannya panjang betul. Selesai jam 20.30an… Udah sekali doang ke sana. Hehe. Oya, aku senang Ramadhan di Salatiga ini, ada adik-adik koas. Masak buat buka dilanjut tarawih bareng. Oya, aku waktu Ramadhan kemarin sempet libur 9hari! Wkwkwkw. Kumanfaatkan untuk pulang ke Jogja. Rindu suasana Ramadhan di Jogja.. Rindu tarawih bareng mama, dengerin ceramah sambil senderin kepala di bahu mama. Rindu untuk tidak mikir “mau makan apa buat sahur dan buka”.
H-2 kemarin aku dapet tugas jaga posoo mudik lebaran. Bareng pak polisi-polisi. First time sih. Alhamdulillah aman damai. Aku ngantuk banget. Iya kan aku itu habis jaga malam, langsung jaga posko. Wkwkwk. Sempet ketiduran, tau-tau dateng rombongan apalah aku gatau yg jelas mereka pada hormat ke rombongan itu. Langsug deh melek ga ngantuk lagi. Jam 14 pulang langsung mandi-mandi (tunggu, post jaga bangsal dan sebelum jaga posko aku uda mandi kok). Biasanya aku langsung tidur kalau lanjut jaga gitu. Tapi entah kenapa pengen main hp dulu. Di sore hari, ada telfon masuk, tapi aku gatau itu nomor siapa. Dan emang kebiasaanku, kalau ga kenal itu nomor siapa, ga bakal kuangkat. Wkwkw. Eh nomor itu nelfon terus 3x. Bunyi telfon selesai, lalu ibu kos datang. Katanya ada yg nganter paket dari Jogja buat aku. Yg anter cowo. Siapa kah dia? Jeng jeng… Ternyata si ganteng!! Dasar si gelo… Ga bilang kalau mau ke Salatiga! Untung aku ga tidur mati loh!! Tapi makasih yaa uda mau dateng ke Salatiga, tanpa kuminta.
Tibalah di hari suci ini. Sekelompokku islam semua, jadi semua kebagian jadwal jaga di hari nan fitri ini. Semalam, aku dari Salatiga jam 18.00 (yg seharusnya aku baru pulang jaga jam 20.00), naik travel terakhir tujuan Jogja. Alhamdulillah dapet ijin dari dokter senior di RS. Agak ketir-ketir karena jam 17.30 masih edukasi ke ke keluarga pasien. Oya aku ceritakan di sini juga ya, pasien semalam itu dia lagi naik motor lagi parkir, ga pakai helm, tiba-tiba dari belakang ada mobil ngegas. Malang banget nasibnya..dia cidera kepala sedang. Kondisinya gelisah, diajak omong ga nyambung. Ya ampun..di malam lebaran malah dapet musibah gitu.. Akhirnya selesai edukasi, jam 17.40 langsung ke adik koas yg mau anter aku ke agen travel. Alhamdulillah masih kekejar. Di jalan uda pasrah mau macetnya gimana, yg penting sampai Jogja aja. Ternyata cuman 3jam aja uda sampai. Macet di beberapa titik doang. Macet yg wajar. Yeay! Baru sekali itu aku takbir di dalem travel, sambil liat warga setempat takbir keliling..
Akhirnya, tadi pagi bisa sholat ied dan kumpul bareng keluarga. Alhamdulillah…. Karena di tahun-tahun yg akan datang, aku ga ngerti lebaran sama siapa dan dimana. Tentunya sangat senang karena pakai baju baru kembaran sama keluarga besar dan foto bareng. Tak lupa makan opor! Huhuhu precious banget deh. Walau cuman 16jam di Jogja (ini aku ngetik sambil perjalanan balik ke Salatiga, karena aku nanti jaga malam), udah senang. Ini tadi papa mama abang anter aku ke agen travel. Aku berangkat ke Salatiga, papa mama abang berangkat mudik :”). Hehehe gapapa. Besok pagi aku balik Jogja lagi. Baru deh libur 3hari.
Semoga jaga bangsal nanti malam aman ya! Semuanya sehat-sehat selalu..
Selamat Idul Fitri 1438 H. Mohon maaf lahir dan batin ya!

Drupadi, 1 Syawal 1438 H 13.37 WIB

IMG_20170625_201945_976

Advertisements

About daldildul

suka banget makan bakpao
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s