Pintu Masa Depan

Banyak adik-adik angkatanku pada nanyain gimana internship di Salatiga enak ga? ENAK DONG…………………………….! Aku akan jelasin lebih detil ya.
Jadi, Salatiga itu kota yg ada di lereng Gunung Merbabu. Itu adalah kalimat pertama ketika aku fix dapet di Salatiga, terus aku searching di internet tentang Salatiga. Aku cuman pernah denger namanya aja, letak geografisnya aja aku ngga ngerti, yg penting Jawa Tengah. Lereng gunung, langsung terpikir : Alhamdulillah ga panas. Dan bener, emang sejuk di sini. Tidur siang aja pakai selimut *kalimat ini yg selalu aku certain tentang Salatiga ke orang-orang. Hihiihi. Ga pernah sumuk lah, ya kalau siang di luar panas, tapi panas yg masih adem. Tau-tau kulitnya gosong aja. Tapi ga selamanya sejuk selalu bikin hati gembira, kadang patah hati kalau misalnya kita nyuci, tapi belom kering, tapi udah mendung. Soalnya kalau udah di atas jam 12 siang itu udah mendung.. hampir setiap hari. Eh tapi kan kita ga boleh kufur nikmat yah. Tetep Alhamdulillah, nah makanya kalau mau nyuci harus bangun lebih pagi, paling ga jam 8 max uda njemur. Jadi jam 12 uda kering.
Internship di Salatiga ya.. sesuai sama staseku, ya urutannya gini : Puskesmas, IGD RS, dan bangsal RS. Pertama Puskesmas, kita singkat pkm ya. pkm di Salatiga 8.8/10 lah.. tiap hari masuk sesuai kalender pemerintah. Dari jam 07-14. Tiap hari jadwalnya berubah, waktu itu sih jadwal kami dibikinin. Kalau di pkm kerjaannya ngapain? Bisa pelayanan di KIA, gizi, posyandu, balai pengobatan umum, ikut rapat, penyuluhan. Kalau di KIA bisa bongkar pasang implant, IUD. Di gizi sih kita banyak ngomong, kalau di posyandu kadang ngasih penyuluhan, kadang cuman bantuin nimbang-nimbang aja tapi dibawain makanan banyak banget, sampai ga ada sisa di posyandunya itu. Hahahaha.. kadang juga pada hari itu aku cuman ikut rapat, dapet snack, trus udah leha-leha sampai jam pulang. Gabut? Ya terserah mau disebut apa, tapi itu emang udah dibagi tugas kok. Yah anggap aja rejeki orang beda-beda. Dokter pembimbing di pkm ini baik banget deh… walaupun beliau itu fisiologis (sesuai aturan gitu), tapi beliau ga memberatkan anak bimbingnya. Walaupun kami disuruh bikin 7 laporan dan presentasi ya? ahaha ga masalah, gampang juga laporannya dibikin happy aja. Tapi beneran dokbingnya kaya temen sendiri.. seneng deh.. oya di stase pkm siap-siap berat badan naik yaa! Kaya aku dong naik 4 kg. HOHOHOHOHO. Aku uda pernah certain stase pkm di tulisan sebelumnya deh, coba blogwalking😗
Nah, abis pkm, pindah ke IGD RS deh. Pkm dibandingin dengan IGD….jangan dibandingin! Ahahaha beda banget. Kaya kamu suruh mbandingin sate kambing dengan zuppa soup. Beda kan? Ya gitu. Masuk IGD aku langsung turun 3kg dong. Tapi stabil sampai IGD selesai. di IGD apapun bisa terjadi, tak terduga-terduga2. Hitungan menit atau detik bisa terjadi, apapun. Dibandingin pkm, IGD lebih bikin baper, menguras hati. Sedih…tak jarang kamu pengen nangis melihat kondisi pasien. Pengen doang, tapi ga sampai nangis, paling cuman matanya jadi berkaca-kaca. Sedih melihat ibu yg nangisin anaknya karena mau diinfus. Sedih melihat ibu yg sambil gendong anaknya nganterin suaminya periksa. Sedih melihat ekspresi mereka ketika penyakit merekan ga ditanggung asuransi. Sedih melihat ibu yg cuman pakai daster tanpa alas kaki dateng ke IGD demi nganter tetangganya yg ga sadarin diri. Pokoknya banyak kesedihan di ruangan itu.

Ada juga yg bikin mengelus dada karena perbuatan-perbuatan kurang menyenangkan dari keluarga/kerabat pasien. Ah tapi gapapa ikhlas aja, karena mereka lagi sakit, lagi ditimpa musibah dan diuji sama Tuhan.

Di IGD sini terhitung cukup banyak pasiennya. Satu shift bisa 30an loh. Terus, tindakan apapun kita boleh lakuin. Ada koas, kadang ada praktikan juga. Dokter pembimbingnya juga baik. Mau diajak diskusi. Dokter-dokter jaga yg lain jugaa. Banyak share pengalamannya selama ini. Mbak-mbak dan mas-mas perawatnya juga baik. Mau ngajarin tindakan gitu. Sering ada makanan kalau pas lagi jaga. Hihihi. Enak kan.. oya, di IGD kan emang ga masuk tiap hari yah. Ada shiftnya gitu. Dan jadwal dibuat oleh kita sendiri. Jam kerjanya ga overload kok. Terus bisa libur panjang..tapi ada konsekwensinya. Aku bisa libur 15 hari loh. Kaget ga? HAHAHA..ya tapi konsekwensinya aku beberapa kali jaga lanjut gitu. Misalnya, pagi lanjut siang (13 jam), pagi lanjut malam (18 jam), siang lanjut malam (17 jam). Yg harusnya hari itu aku ga ada jadwal, tapi aku malah masuk 2 shift. Bisa. Ahahaha..kaya uda ga punya kehidupan di luar IGD. Tapi kalau dijalani dengan happy ya bisa-bisa aja kok. Kan bersakit-sakit dahulu. Barusan ini aja aku libur panjang lagi, 8 hari. Kayaknya cuman aku deh yg bisa libur 15 hari. Paling gila sih jadwalku gini : sabtu siang 6 jam, minggu pagi 7 jam lanjut malam 11 jam, seninnya masuk siang 6 jam. TERUS AKU SAKIT KEPALA. WKWKWKWKWK. Tapi sampai kos istirahat dan minum air putih yg banyak kok, besoknya udah fresh lagi. Hari ini kan aku hari terakhir di IGD, semalem aku habis jaga, terus tadi pagi lanjut jaga! Jadi semua pattern aku uda pernah coba ya. pagi lanjut siang, siang lanjut malam, pagi lanjut malam, malam lanjut pagi. Yg paling hell yg pagi lanjut siang dan itu di tanggal merah.
Oh iya..kan di IGD (sebenernya selama di RS), sama dokbingku disuruh nulis 400 kasus dan nyelesaiin semua tindakan . Jadi biar kalau pas pindah bangsal, tinggal bikin tugas yg lain. Alhamdulillah aku selesai dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan. Tipsnya : tiap hari kamu fotoin kasus yg kamu tangani, sepulang dari RS, langsung ditulis di logbook. Jangan nunda-nunda. Kan enak kalau tiap nulis cuman 10an kasus gitu. iya jadi mending dicicil yaa.
Okay, jadi 2/3 internship telah usai. Tersisa 4 bulan hidup di Salatiga. Lalu semua uda akan bener-bener bebas. Mau kemana, mau ngapain. Terasa sangat cepat. Orang lain aja menganggap internshipku cepet banget, apalagi aku yg ngerasain ya. karena happy ngejalaninnya. Di Salatiga nih kotanya kecil, hiburannya ga banyak. Selama ini sih hiburan utamaku cuman : smartphone dan internet. Selain itu, olahraga dan masak-masak. Untungnya di sini ada hotel yg kolam renangnya cukup enjoy lah kalau buat renang. Kalau mau masak-masak juga gampang, deket pasar. Dan pasarnya cocok buat kamu yg sukanya bangun siang, karena walaupun udah siang, kamu masih bisa dapetin sayuran segar dan paha ayam yg montok-montok! Makan di sini terbilang cukup murah sih. Ini makan yg sederhana, tapi ga ngirit, tapi ga mewah. Ya ga kaya orang susah sih. Apalagi kalau mau masak, jauhhh lebih irit dengan makan yg sehat dan bergizi. Terus kalau mau pulang Jogja juga gampang, aku selalu naik travel. Harga 60rb, emang sih kita harus dateng ke kantor dan sampai kantor minta dijemput temen/Papa, tapi travel yg ini cuman 2.5jam perjalanan Salatiga-Jogja atau sebaliknya. Ga kayak travel sebelah yg bisa dijemput di kos dan dianter sampai depan gang, tapi perjalanannya 4 jam. Karena aku ada adik kos dan teman yg baik-baik (mau anterin ke kantor travel atau jemput di kantor travelnya), yaudah akhirnya ngga mau lagi pakai travel yg 4jam itu!
Oya kehidupanku sebagai anak kos yg punya tetangga-tetangga kos menyenangkan juga. Mereka baik semuanya. Beberapa kali kamar kosku diketuk mereka buat ngasih masakan yg uda mereka bikin, bahkan nawarin mau pakai saos apa. Kyaaaaaa… Aku dan adik-adik kos sesekali masak bareng, sampai dapur sangat berantakan dan kotor. Waktu itu karena mau bikin cilok. Terus kami mikir “kasian yah penjual cilok itu dapurnya jadi kaya gini tiap hari” soalnya jadi kotor banget tepung tersebar dimana-mana. Hahahaha…
Jadi tulisan panjang lebar ini kesimpulannya : internship di Salatiga enak dalam segala aspek. Dari aspek medis, keuangan, kebahagiaan, dll.

sekarang aku lagi nunggu abang sate ayam lewat… apakah abangnya lewat? Sebuah misteri~~ sampai jumpa👋

20170513_093955

About daldildul

suka banget makan bakpao
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

