liburan ke rumah nenek

judulnya kayak nulis cerita liburan waktu kecil ya? tapi emang iyaa. sabtu-minggu kemarin nginep di rumah mbah nggunung. berawal dari papa yg bilang kalau ditawarin kambing sama tetangga di gunung kidul. mau! mau! akhirnya dibeli deh kambingnya… terus berencana mau nengok kambing. hari sabtu-minggu kemarin. terus aku ngajakin sepupu-sepupu buat main ke rumah mbah nggunung. akhirnya terkumpul 5 orang cucunya mbah nggunung.

sabtu jam 2 berangkat dari rumah. njemput sepupu-sepupu dulu, baru cus ke rumah mbah. Di perjalanan ngobrol macem-macem. Tiba saatnya aku inget aku lupa bawa sesuatu. Softex! Ahaha…terus mampir di jalan beli.

Perjalanan terasa cepet banget yah. Semakin besar tu perjalanan ke rumah mbah tuh makin cepet deh. Ternyata deket juga dari rumah ke tempat mbah. Di rumah mbah udah ada bang idos yang berangkat duluan pagi. Sesampainya di sana salim-salim dulu sama mbah kakung mbah putri.

Percakapan sama mbah putri, versi bahasa Indonesia :

M : tadi ada yg boncengan ke arah selatan, tak kira kamu sama temenmu kayak waktu itu

R : hah? Enggak mbah. Aku udah putus kok

M : loh! Kok bisa putus?

R : hehe ya bisa mbah, namanya juga anak muda.

M : lha kenapa toh putus?

R : nggak papa mbah, udah nggak cocok

Blablabla 😛

Pertama kalinya ke rumah mbah nggunung setelah putus hehe. Nggak akan cemas lagi karena nggak ada sinyal. Udah nggak ada yg diharapkan untuk berkomunikasi.

Habis itu langsung ke kandang kambing! Kandang kambingnya tu harus naik bukit dulu…. Pas ke atas ga bawa kamera. Cuman bawa hp. Yaudah foto pakai hp dulu sementara.

Kaget sih. Ini kambingku beneran apa bukan yaah.. kok besar banget dengan harga beli cuman sesgitu. Hehe…. Tapi di kandang cuman ada kambing item satu itu. Oiya kambingnya punya nama. Dari bahasa Turkey gitu deh, yakışıklı keçi (yakisikli keci) yang artinya kambing ganteng! Haha..aku minta Tantan buat kasih nama. Dia kasih nama itu haha.. bisa-bisanya dia masukin keyword kambing ganteng. Foto-fotoin kambing ganteng dulu. Iya dia emang ganteng, rambutnya belah tengah dan udah muncul tanduknya! Terus kasih makan daun. Udah lelah berbahagia sama kambing, terus aku turun ke bawah, eh kambingnya mengembik gitu. Terus aku balik badan, kubilang “dadaaaaa” terus aku jalan lagi. Eh mengembik lagi dia. Haha… Hidup tanpa hp itu nice juga loh 😀 hehe.. setelah makan malam, aku duduk di luar rumah. Memandang langit yg banyak bintang. Ceilah.. haha.. terus papa dateng, mbawain kursi. Duduk deh. Habis itu bang idos nyusul. Papa masuk entah mau ngapain. Terus bang idos yg duduk sama aku. Kami ngobrol. Yah all about love. Kemanapun aku pergi, sama siapapun aku bicara, ujung-ujungnya ngomongin soal cinta. Abangku cerita kehidupan cintanya. Aku tidak. Hehe tetap aku ga cerita kenapa aku putus. Ya intinya sekarang aku udah biasa aja. Saat-saat bersama bang idos seperti itu nggak akan pernah terjadi di ngampilan! Ahaha.. terus mendung. Bintangnya udah ga ada sama sekali. Masuk rumah. Ternyata rumahnya udah dikunci -.- yg ngunci mbah kakung. Mbah kakung ga tau kalau aku sama abangku masih di luar.. Masuk ke dalem rumah, aku masuk ke kamarnya sepupu-sepupuku. Ngobrol macem-macem lagi. Ngobrol tentang jenazah lah, hal-hal gaib, atau tentang cowok. Tu kan ujung-ujungnya tentang cinta lagi. Haha.. terus udah ngantuk, mau tidur, balik ke kamar sendiri. Di kamar bertiga, sama papa dan bang idos. Kalau lagi di rumah mbah nggunung gini, kami sekeluarga tidurnya sekamar. Kasur busa dua buah biasanya buat berempat, tapi kan mama ga ikut, jadi cuman bertiga. Sumuk deh. Padahal kalau pas lebaran aku selalu kedinginan. Bahkan dari rumah pun aku udah bawa obat pilek siap-siap. Ahaha.. karena aku lagi ga sholat, ga nyalain alarm sama sekali. Berharap besok bangun siang! xD Tapi tetep aja ga bisa .-. kebrebegan alarmnya papa sholat subuh.. terus habis itu ada suara berisik. Ternyata mbah kakung motong-motong seng. Entah untuk apa..yaudah terpaksa bangun. Bangun jam 6 pas. Bangun langsung ke dapur. Mau masak! 😀 awalnya aku mau ngirisin tempe aja mau buat mendoan. Eh tapi aku gajadi, aku jadinya goreng kerupuk. Terus sepupuku pada bangun. Pada masak juga. Kami mau masak sup sama goreng mendoan atau tahu. Aku pokoknya yg bagian nggoreng-nggoreng aja hehe. Sama cuci piring. Anw, aku cucu cewek yg paling tua loh.. jadinya aku harus dewasa! Haha.. yah akhirnya semua masakan mateng. Sarapan! Habis sarapan mandi. Nah pas mandi ini baru terasa dingin banget. Sepupu belom ada yg mandi! Haha aku rajin yah. Tapi karena aku lagi mens sih jadi rajin mandi, kalau ga mens kayanya aku ga bakal mandi lagi hahaha.  Pas lagi ngobrol di kamar sepupu, terus denger ada suara es dong dong! Langsung lari keluar, naik ke atas. Ternyata emang ada yg jual es dong dong! Baru pertama kali dalam hidup aku nemuin ada yg jualan keliling gini di jalan depan rumah haha.. terus beli banyak! Haha..beli 4 ribu udah dapet banyak banget! Setelah tidur siang,  aku ke kandang kambing lagi. Udah bawa kamera sekarang. Jadi sesi foto kambing! Ngasih makan mereka lagi. Ngelus-elus mereka. Tapi mereka suka takut kalau dielus-elus. Huh… ketemu orang asing ya? Takut gitu.. terus aku turun ke rumah. Aku bilang sama mbah kalau habis dari kandang. Terus mbah bilang tau gitu tadi sekalian bawain kambingnya minum. Oh yaudah aku naik lagi aja gapapa, tak bawain minumnya. Terus aku nyiapin ember. Kambingnya dikasih minum air cucian beras ditambah dengan garam. Kubawa ember isi air tadi ke kandang lagi. Kukasih minum ke mereka. Si kambing betinanya minumnya cepet banget! Kalau keci ganteng minumnya pelan-pelan.  Setelah ngasih minum kambing, nonton tv. Ternyata ada home alone 5. Aku baru tau. Home alone udah sampai 5 ya? Belom pernah nonton. Excited pengen nonton. Nonton sambil makan siang. Makan siang yg dipaksa mbah putri sebenernya. Mbah putri bilang kalau mbah tenang kalau cucunya udah pada makan sebelum pulang ke jogja.  Akhirnya jam pulang tiba..huhuhu. paling sedih di dunia tu mbah kakung mbah putri kalau cucu-cucunya pada pulang. Terus mereka sendiri lagi di rumah. Mbah kakung mbah putri paling bahagia kalau cucunya pada ngumpul. Terus minta kami kalau ada libur lagi pada main ke nggunung lagi.. semoga mbah kakung mbah putri selalu sehat yaa J Akhirnya turun ke jogja. Kabutnya tebel banget. Terus nyalain hp, baru masuklah message2 itu. Kembali ke peradaban semula. Masih ada tanggungan bikin refleksi kasus buat hari senin. Padahal dari rumah udah bawa laptop, niat mau nyicil refkas, udah bawa rajutan juga. Yg rencananya buat kill the time. Eh tapi malah nggak disentuh blas laptopnya. Karena kumpul dengan keluarga, bahkan cuman melamun di desa pun bisa kill your time, hehe….. nice. Liburan singkat yang sangat menyenangkan!

About daldildul

suka banget makan bakpao
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

