osce kbk 2

buber sama kelompok tahun pertama, kelompok 27, yang ketiga kalinya untuk Ramadhan tahun ini. ketawa ngakak nggak tau diri haha. yap, buber 27 ini pas setelah anggota kamis selesai osce semua. yap yap, hari ini jam 1 siang adalah osce kbk 2 😀 ya Allah semoga kami mendapatkan hasil yang paling maksimal, yg bisa bermanfaat untuk sesama.

oke, aku mau cerita tentang osceku yah. alhamdulillah banget aku dapet urutan stase yang tidak dipersulit dengan sistem. jadi aku adalah peserta yg paling urut stasenya, tidak perlu pusing bolak-balik, sejalan lurus aja trus udah.

stase pertama = IPM pediatric. jos. dokter anak adalah cita-citaku sejak kecil. tapi justru yg kualami tidak semulus dengan cita-citaku. blok 2.3 lalu, nilaiku nggak memuaskan, fyi – memuaskan atau tidak itu relatif, selagi masih ada waktu untuk memperbaiki, why not. yah, balik ke stase pertama, kasus dugaanku adalah thyphoid atau orang umum sering menyebutnya tipes. oke, the scariest momment is always just before you start. deg2an yg tiada tara. tapi stelah masuk dan bercuap2 beberapa hal, deg2annya ilang. tapi apa yg terjadi di stase IPM ini? aku mecahin termometer! hahah sangar kan? jadi ceritanya aku mau ngibasin termometer, eh malah kena bed yg buat pemeriksaan. “dok…..pecah dok termometernya…” hm hm…okey. kemudian udah selsai, dokternya ngasih feedback = seharusnya dilakukan skrining, gak cuman perut aja yg dipriksa, such as jentung auskultasi, trus, ini kan pasien anak-anak, sebaiknya kalau melakukan rujukan, ke dokter anak, tapi aku malah ke penyakit dalam. well, hahaha. ya Allah berilah hasil yg paling maksimal bagi kami, dan stase ini bermanfaat untuk kedepannya, tidak hanya osce Ya Allah.

stase kedua, sirkumsisi, alias sunat. hm hm hm…ini stase yg paling ditakuti oleh kebanyakan orang. tapi ketika berada di dalam ruangan, tidak terlalu seperti itu kok. banyak yg disimulasi. nggak dilakuin. waktunya itu 20 menit, tapi pas aku di stase ini, aku selesai sebelom waktunya, kemudian dokternya nanyain banyak hal. well well…ada beberapa yg bisa kujawab, tapi ada juga yg gak bisa kujawab, seperti = selain metode dorsal slit, ada pemotongan apa lagi? duh lupaaaak. oke, ya Allah, berilah kepada kami hasil yg bermanfaat bagi masa depan kami ya Allah.

stase ketiga, neurology examination. ini juga pemeriksaannya sebentar, tapi waktunya sisa. ditanyain banyak sama dokternya, kasus dugaanku adalah meningitis. pertanyaannya macem-macem. hingga aku ingin posisiku rilex, kemudian aku lendot-lendot ke bed pemeriksaan, sama dokternya dimarahin, kamu tuh ya duduk di kursi sana! duh…ya Allah, maafkan hamba ya Allah, beri kami hasil yg bisa bermanfaat untuk umat manusia di alam semestaMu ini..

stase keempat, eye exam. sama dokter datu, observer pertama kali yg kukenal selama empat stase ini, kasusnya kuduga adalah konjungtivitis. awalnya aku merasa aneh, karena yg disuruh adalah pemeriksaan tekanan intra okuler sama segment anterior, tapi tidak ada peningkatan TIO, trus pasiennya tidak ada riwayat penyakit gula. tp setelah baca skenario, dibilang kalau matanya merah, kemudian nrocos terus.yaudah aku duga tapi konjungtivitis. tapi juga anehnya kok aku gak liat foto mata gitu, yg biar bs dideskripsiin. tapi kata temenku, kalau nggak nanya sama dokternya, gak bakal dikasih liat fotonya. ya ampun. ya Allah, jika kami memang belom pantas memeriksa pasien, tolong bimbing kami lagi ya Allah, kami minta hasil yg paling maksimal dari Engkau.

stase kelima, ent exam. aku dapet yg mouth and faring. alhamdulillah. ini adalah salah satu stase yg kuharapkan. ternyata kalau aku megang spekulum hidung pakai tangan kiri, kalau lagi meriksa hidung kanan pasien, tanganku tremor. entah mengapa. kan eye dan ent itu satu ruangan, jadi ketika mau pindah ke stase ent, aku hampir kedigel gitu hihihi. ya Allah, kaulah Yang Maha Kuasa di alamMu ini, apapun bisa Engkau rubah ya Allah.

stase keenam, pap’s smear. nah, pap’s smear ini observernya aku juga kenal, dr.opi aku memanggilnya. dan pasien simulasinya aku juga pernah bersama ibunya waktu ent osce kbk 1 dulu. dan…ada hal yg sembarangan, biasanya, kalau ada botol yg kayak buat nyemprot2 burung itu diasumsikan adalah alkohol, buat cuci tangan. eh tapi ternyata tadi yg kuambil buak alkohol, tapi cytofix, buat fiksasi 😀 hahaha, maaf dok. semoga ini nggak fatal ya Allah, berilah yg terbaik bagi kami.

stase ketuju, lab exam. nah, ini nih. sudah diduga bahwa kloterku dapet pemeriksaan darah tebal dan tipis = malaria. aaaah. oke, observernya sering nyebut :pasien nggak sadar:. tapi aku nggak bs nangkep sinyal tersebut. baru setelah osce selesai, aku kepikiran, jangan2 maksud dokternya itu minya informed consent ke keluarganya ya?? ah. trus waktunya abis. eh pas keluar, ternyata belom ada bel, itu bel yg di lantai bawah. trus aku masuk lagi. mau liat mikroskop lagi, itu fase apa, jebul aku nggak ngatein ada penunjuk di mikroskopnya, dan di soal ditanyain yg ditunjuk di mikroskop :|yah…yaudah, ya Allah, hamba mohon, segala yg terbaik bagi kami..

stase kedelapan, antenatal care (Anc). nah, ini juga stase yg kuharapkan. pasien simulasinya cantik. jadi sebelom kami memasuki stase pertama kali, kan ada beberapa yg telat dateng pasien simulasinya. nah, aku liat mbaknya yg cantik itu, aku pikir, dia bakalan jadi pasien simulasi yg di sexuallu transmitted disease (STD).  eh…ternyata mbaknya jadi pasien simulasi di anc 😀 suaranya lemah lembut gitu. trus manekin anc itu benar, sesuai yg dibilang kakak angkatan, manekin yg ketemu cuman di OSCE. ya Allah please, berikan hasil yg terbaik untuk masa depan kami.

stase kesembilan, baby delivery. sebenernya stase anc dan baby del ini observer-observernya aku pernah tau, waktu aku jadi panitia dies natalis itu, aku tau dr. risanto, trus direktori gol.darah dr. adi. tp beliau sepertinya lupa denganku, lalalala. selesai sebelom bel berbunyi juga.

stase kesepuluh, neonatal resucitation (neores). ini juga, observernya pernah menjadi tutorku, beliau sangat baik 😀 oya, diakhir sesi, aku minta feedback dari dokternya, katanya aku belom melakukan reposisi, tapi aku kayaknya udah nyebut, tp ya sudahlah..trus persiapan alatnya yg bener, bulb syrunge masih kendor 😛 hehe. ya ampun, please semoga ini bermanfaat untuk masa depan 😦

stase kesebelas, clinical breast exam. salah satu stase yg kuharapkan juga. hehe. daaaan…stase terakhir osce kbk 2. observernya ini aku pernah ketemu, beliau menjadi dr.pembimbing waktu kunjungan ke komunitas lansia, dan sepertinya beliau dr.pengganti di stase itu, karena dr.aslinya belom dateng. feedback dari beliau adalah = aku ngomong terlalu cepat, dan lupa pakai sarung tangan, ya Allah! ini karena aku bermain lari-larian dengan waktu 😦 ya sudah, ya Allah, kami mohon ya Allah, berilah kami ilmu yg bermanfaat bagi kami, keluarga kami, agama kami, dan bangsa kami.

salam,

riadiani n. drupadi

About daldildul

suka banget makan bakpao
This entry was posted in pendok. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

