osce comprehhhh

eh aku udah pernah ngepost tentang jaga osce comprehensive belum ya? kayaknya belum..sebelumnya, apakah osce compre itu? osce yg akan menentukan mahasiswa akan koas kloter berapa. hihi itu sih hasilnya. trus materi compre itu materi dari tahun pertama sampai tahun ke empat! mana nggak ada checklistnya lagi hehe. apa itu checklist? checklist itu prosedur standar yg diharapkan dilakukan oleh mahasiswa itu sendiri. dan materinya sangat random, kita gak bakal tau dapet materi apa, jadi harus disiapkan semuanya, ya paling enggak, ada juga yg emang nggak dikeluarin di oscenya itu. *ah semoga aku udah pernah nulis OSCE itu apa :D*

naaaah….liburan semester kemaren diisi dengan jaga osce compre (*3*) karna asisten-asisten lain pada pulang ke daerahnya masing-masing. jadi deh yg asli jogja liburan dengan compre. motivasiku untuk mau jaga osce compre adalah, gak semua mahasiswa fk dapet kesempatan untuk jaga compre. di compre kita juga bisa belajar. soalnya materinya itu kebanyakan yg belom pernah kudapet, misalnya = masang infus (IV line), trus sonde (nasogastric tube), bedah minor = kasusnya veruka atau sering disebut kutil, trus melahirkan (yg ini udah dapet materinya sih), masang KB spiral, implan (IUD and implant insertion). aaah pengalaman berharga, tapi ya itu aku harus mengorbankan waktu liburanku, yah walaupun aku gak liburan ke luar kota atau kemana, setidaknya kan bisa ongkang-ongkang di rumah. selain dapet ilmu, dapet honor juga 😛 hehe. yah lumayan banget lah..ditabung.

lha, kemaren abis ujian blok 2.4 itu, hari jumat, aku jaga osce compre lagi. tapi ini remednya. beda banget remed dengan ujian sebenernya. kalau di remed itu kakak-kakak angkatan malah diajarin sama dokternya. ditanyain, kenapa sih kok bisa nggak lulus, tau alasannya nggak. gitu-gitu. nah kemaren waktu jaga, aku dapet topik yg bedah minor, tapi kasusnya bukan kutil, yaitu lipoma. yg lipoma ini kebetulan aku waktu jaga compre yg lalu belum pernah dapet, jadi ya worthed lah. mana dokternya baik banget,. ngajarin masang blade, gituu, trus juga dapet ilmu-ilmu lainnya.

thankyou GOD. awesome

Advertisements

About daldildul

suka banget makan bakpao
This entry was posted in pendok. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s