lengthen vehicle number sign letters

judulnya gaul banget toh? wahihi 😛 iya nih 2 hari yg lalu (13/07) suruh perpanjang stnk. dua sekaligus, punyanya abang dan punyaku, kebetulan habisnya bareng di bulan Juli.

setelah dari UMY, langsung cabut ke samsat Bumijo. dengan modal instruksi dari mama sebelumnya, aku berani memasuki samsat. awalnya bingung mau parkir dimana, daripada muter-muter gak karuan, nanya sama pak polisi ajah 😀 njuk ketemu nggon-nggonane.

ngene ki ki cah nek ameh perpanjang STNK, tak kasih tipsnya ya 😛

1. parkir dahulu, pastikan dikunci aman gilak. di parkiran mulai ditawarin oleh CALO. jangan mau! do it by yr self lebih fun! 😀

2. ambil nomor urut di loket 2A, buat yg mau perpanjang stnk tahunan warna merah, yg perpanjang 5 tahunan warna biru. lho kok belum apa-apa udah ambil kartu antrian nih? nah gini, di sana tuh wah gilak antriannya kayak mau naik haji (leboy). jadi mending ambil kartu urut dulu, baru deh sotokopi eh hush fotokopi berkas-berkas yg dibutuhkan.

3. fotokopi BPKB (buku pemilik kendaraan bermotor), STNK, KTP (sesuai nama di BPKB) di samping gedung yang bersangkutan. nah kenapa gak difotokopi di luar aja sebelum sampai padal di TKP antrian fotokopinya minta ampun? nah, karena tukang fotokopi di situ udah expert, udah tau mana aja yg dibutuhin, kita tinggal bayar aja 🙂 kata papah/mamah (aku lupa) kalau fotokopi di luar suka disalah-salahin sama petugasnya.

4. setelah semua terfotokopi dengan keren, mari mengantri di dekat loket 2A. menunggu panggilan. serahkan semua berkas asli dan fotokopian.

5. kita dilempar ke loket 3A, cek apakah KTP sudah sama dalam artian tidak tertukar dengan yg lain kemudian 4A2 lalu 5A (the last). untuk diketahui, di loket 4A2 itu kita saatnya mengeluarkan uang. kemarin aku kena 176 ribu rupiah untuk 1 motor. spesifikasi motornya adalah 100 CC. kemudian loket 5A adalah penyerahan STNK(yg baru tentunya). nah di loket terakhir itu, nomor/kartu urut kita tadi disuruh dimasukin ke salah satu dari tiga box yg ada tulisannya BAIK, CUKUP, KURANG.

6. masukkan semua berkas ke tas biar aman. kemudian SELESAI SUDAH rangkaian memperpanjang STNKnya :). oya, begitu keluar gedung kita ditawarin plastik STNK. harganya seribu rupiah saja, beli deh murah kok 🙂 kan plastik yg dulu udah lutuk gitu.

nah begitulah petualangan memperpanjang, semoga bermanfaat yah. ayo jangan ortu kita terus yg perpanjang STNK, kan motor kamu pakai tuh, masa yg harus ngurus juga ortu? itung2 buat pengalaman gitu lah 😀 dadaaaaaaah :*

kartu urut beserta berkas-berkas

Advertisements

About daldildul

suka banget makan bakpao
This entry was posted in berkunjung, iseng and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to lengthen vehicle number sign letters

  1. putu adhika says:

    nice info gan.. 😀

  2. daldildul says:

    semoga bermanfaat GAN 😀

  3. pelikan12345 says:

    tp SIM ane masi belum butuh perpanjangan 😛

  4. banggani says:

    halo halo 😀 kayaknya ada yang manggil-manggil nama gue nih?

  5. daldildul says:

    @putu yah SIM kan 5 thun sekali…itu STNK yu, setahun sekali harus perpanjangan 😉
    @GUNNY hai GUNNNN ;P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s